UKM Komunitas

UKM SENI KARAWITAN

A.  Sejarah UKM Seni Karawitan

Pada awalnya, sekitar 1985 Gamelan  hanya dijadikan sebagai salah satu kegiatan Ekstra Kulikuler mahasiswa serta Karyawan Sanata Dharma yang pada waktu itu masih bernama IKIP Sanata Dharma Yogyakarta dengan perangkat Gamelan yang dimiliki oleh IKIP Sanata Dharma Yogyakarta, yaitu perangkat Gamelan dengan kualitas golongan 2. Pada saat itu belum  memiliki seorang pelatih. Akhirnya pada tahun 1987 Alm. Bapak Drs. Ag. Surono, M.Sn,  seorang lulusan ISI jurusan Sastra Karawitan (yang kemudian menjadi dosen tetap di ISI Yogyakarta) diminta untuk menjadi pelatih tetap. Pada tahun 1987 itu pula dengan dukungan dari Rm.Broto, IKIP Sanata Dharma membeli 1 perangkat  Gamelan perunggu gaya Yogya kualitas 1 di tempat Bapak Trimanto (Papringan, Yogyakarta) yang pembuatannya diawasi langsung oleh Alm. Bpk Drs. Ag. Surono, M.Sn selaku pelatih. Kemudian pada tahun 1993, Ektra kurikuler ini diubah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Karawitan hingga sekarang seiring dengan IKIP Sanata Dharma yang berubah menjadi Universitas Sanata Dharma.

Pada perkembangannya mahasiswa Kampus III Paingan juga merasa membutuhkan Kegiatan Karawitan, maka sekitar tahun 1998 Kampus membeli 1 set  perangkat gamelan perunggu gaya Solo. Latihan rutin diadakan di kampus Mrican dan Paingan. Namun dikarenakan hingga saat ini mahasiswa yang bergabung  sebagian besar berdomisili di Paingan, maka latihan rutin hanya dilaksanakan di Paingan, lantai IV Hall hingga sekarang. Sedangkan Gamelan Kampus Mrican digunakan latihan oleh karyawan.

Mulai dari adanya kegiatan Karawitan 1987 hingga tahun 2007, UKM Seni Karawitan tidak diketahui tanggal berdirinya. Maka pada akhirnya tanggal 08 Mei 2008 oleh Ketua periode 2008 (Y. Teguh Triharyanto), ditetapkan sebagai hari jadi UKM Seni Karawitan bertepatan dengan Logo baru yang dimiliki oleh UKM Seni Karawitan.

Sejak 1987 hingga bulan agustus 2008,  UKM Seni Karawitan dilatih oleh Alm. Bapak Ag. Surono, M. Sn. Setelah beliau meninggal, kemudian digantikan oleh anak sulungnya, Sdr. Albertus Eko Susilo, S. Sn, yang juga lulusan ISI Yogyakarta (10 September 2008).

Pada umumnya penerimaan anggota baru dilaksanakan saat Expo INSADHA pada bulan Agustus. Mahasiswa yang ingin bergabung tidak ditekankan harus menguasai / mampu memainkan gamelan.

B.  Visi dan Misi

Visi :

Mempertahankan dan melestarikan salah satu warisan bangsa, yaitu Seni Karawitan.

 

Misi :

Mengajak mahasiswa untuk memahami dan belajar hidup di masyarakat dan lingkungan kerja melalui wawasan dalam berlatih  Karawitan.

Menciptakan mahasiswa yang memiliki perasaan tajam, tanggap kepada situasi dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Menciptakan Karawitan sebagai sarana penyegaran di tengah kepenatan setelah menjalani kegiatan-kegiatan rutin. (seperti: kuliah).

 

C.  Kegiatan (Pentas) Yang Pernah Dilakukan

  1. Menjadikan Sanata Dharma sebagai salah satu Universitas yang menggunakan Karawitan sebagai music seremonial dalam wisuda dengan UKM Seni Karawitan sebagai pemainnya sejak tahun 1996.
  2. Pagelaran Sendratari Ramayana Jawa, tahun
  3. Pengiring persembahan di Campus Ministri Paingan, Paskah 25 Maret 2005.
  4. Salah satu pengisi acara Pekan Budaya Mahasiswa Sanata Dharma, April 2005.
  5. Pengiring perayaan Golden Night USD Ke 50 th, 1 Oktober 2005.
  6. Salah satu pengisi acara SEXEN 7 Oktaf, 15 November 2005.
  7. Pengiring pelepasan Wisuda Fakultas Teknik, 18 November 2005.
  8. Pengajian Akbar Mei  2006 Lapangan parkir Paingan bersama anggota IKMIP.
  9. Pengisi acara Pekan Budaya Mahasiswa Sanata Dharma, di lapangan parkir Mrican, Mei 2006.
  10. Pagelaran Sendratari Ramayana Jawa –Bali &ld